PEMBATALAN KEBERANGKATAN HAJI 1442 H/2021

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa pemerintah tidak memberangkatkan jamaah haji Indonesia 1442 H/2021 M. Menurutnya, di tengah pandemi corona virus disease-19 (Covid-19) yang melanda dunia, kesehatan dan keselamatan jiwa jamaah lebih utama dan harus dikedepankan.

“Karena masih pandemi dan demi keselamatan jemaah, Pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jemaah haji Indonesia,”

“Saya hari ini telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M,”
Menteri Agama Republik Indonesia
Yaqut Cholil Qoumas.

Menag Yaqut menegaskan, keputusan ini sudah melalui kajian mendalam. Kemenag sudah melakukan pembahasan dengan Komisi VIII DPR pada 2 Juni 2021. Kemenag juga telah melakukan serangkaian kajian bersama Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, dan lembaga terkait lainnya.

Travel Kita MINARFA akan fokus dan prioritaskan pada keberangkatan  Haji Khusus dan Haji Furoda 1443 H / 2022,  semoga Allah Subhanah Wa ta`aalaa memberikan kemudahan bagi kita semua untuk bisa bersama-sama mengunjungi Baitullah sebagai Tamu – Tamu Allah dan peroleh haji yang mabrur, Aamiin..

Scroll to Top