Kementerian Haji Saudi: Tidak Ada Layanan Di Aplikasi Untuk Mencium Hajar Aswad

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan bahwa belum ada layanan yang ditambahkan pada aplikasi Eatmarna untuk membuat jadwal mencium Hajar Aswad.

Kementerian mengklarifikasi bahwa kemungkinan dibuka layanan untuk izin mencium Hajar Aswad mengikuti peraturan Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci. “Juga tidak akan ada izin untuk masuk ke dalam Ka’bah Suci,” kata sumber di Kementerian Haji Arab Saudi.

Haji Furoda 2022

Sebelumnya, kementerian mengumumkan bahwa akan ada opsi pada aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna untuk mengajukan jadwal mencium Hajar Aswad, menyentuh Pojok Yaman (Al-Rukn Al-Yamaani), dan melakukan shalat di Hijr Ismail, yang dianggap sebagai bagian dari Ka’bah.

Kementerian mengatakan pengaturan itu dilakukan setelah menambahkan ikon baru berjudul “Tawaf” pada aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna untuk memfasilitasi jamaahn yang ingin melakuan tawaf di luar manasik umrah.

Meskipun demikian, Kementerian tengah mengajukan beberapa prosedur terkait penghalang di mataf (area melingkar di sekitar Ka’bah) untuk mengatur masuk dan keluar sehingga memungkinkan peziarah dan jamaah lainnya mencium Hajar Aswad. Menurut sumber kementerian, proposal ini sedang dipelajari ke pihak yang berwenang.

www.travelkita.co.id

sumber : saudinesia

Scroll to Top